Cara Restart WhatsApp untuk menyelesaikan masalah Lelet di iOS dan Android

By | July 1, 2019
Spread the love

Dalam artikel ini saya akan menjelaskan cara memulai ulang/restart aplikasi WhatsApp untuk menyelesaikan masalah kerusakan pada WhatsApp Sobat.

Anda menggunakan WhatsApp pada ponsel cerdas Anda dan Anda telah memperhatikan bahwa ada ketidaknormalan dalam operasi aplikasi.

Anda mencoba beralih di antara aplikasi, tetapi ketika Anda kembali ke layar beranda perangkat Anda dan kemudian kembali ke aplikasi, masalahnya tetap ada.

Jadi, Anda berpikir untuk mengambil tindakan lebih “drastis”, seperti restart aplikasi dengan menutupnya sepenuhnya dan kemudian meluncurkannya lagi, tetapi Anda tidak tahu cara restart WhatsApp.

Hal-hal terjadi seperti ini, bukan? Maka Anda tidak perlu khawatir sama sekali, karena saya dapat membantu Anda dengan mudah mencapai tujuan Anda.

Saya Galih Fahrul Salim (penguji aplikasi dan pakar teknologi) dan dalam panduan hari ini, saya benar-benar akan menunjukkan kepada Anda bagaimana melakukan ini di Android dan iPhone.

Saya akan menjelaskan secara terperinci bagaimana melakukan penutupan paksa aplikasi atau alternatifnya, langkah-langkah yang harus Anda ikuti untuk restart perangkat sepenuhnya.

Jika masalah tetap ada, saya akan menjelaskan cara menginstal ulang WhatsApp dengan aman, tanpa Anda kehilangan data.

Saya yakin Anda tertarik dengan perkenalan saya, bukan? Lalu tunggu apa lagi? Jangan buang waktu lagi yang berharga!

Yang perlu Anda lakukan adalah duduk dengan nyaman dan memperhatikan tips yang akan Anda temukan di bab-bab selanjutnya.

Yang bisa saya lakukan adalah berharap Anda membaca dengan baik!

Cara memulai ulang WhatsApp di Android

Jika Anda perlu Restart WhatsApp di ponsel pintar Android Anda, ikuti langkah-langkah di bawah ini: di bagian selanjutnya saya akan menjelaskan beberapa solusi yang dapat Anda gunakan.

1. Jalankan penutupan paksa pada Aplikasi Smartphone

Jika Anda mengalami kegagalan fungsi dengan WhatsApp, Anda dapat memulai ulang aplikasi langsung dari bagian multitasking di perangkat Anda.

Prosedur yang harus Anda ikuti sangat sederhana: pertama, untuk mengakses bagian multitasking, tekan ikon di bawah ini (itu berbentuk seperti persegi atau dua persegi panj  ang yang tumpang tindih atau tiga garis vertikal di Samsung, tergantung pada model perangkat Android Anda).

Dengan menekan tombol ini, Anda dapat melihat semua sesi aplikasi latar belakang yang berjalan di perangkat Anda.

Sekarang, jika Anda ingin menutup semua aplikasi, tekan ikon tempat sampah atau yang memiliki persegi panjang di bagian bawah.

Atau, gulir melalui aplikasi yang terbuka sampai Anda menemukan WhatsApps, lalu geser pratinjau gambarnya atau tekan ikon X untuk menutupnya.

Metode ini dapat berguna untuk menutup aplikasi yang sedang berjalan, tetapi dalam beberapa kasus tidak cukup.

Karena itu, Anda harus benar-benar menutup operasi untuk mengembalikan fungsinya yang semestinya.

Untuk melakukan ini, ikuti langkah-langkah ini:

  1. luncurkan aplikasi Pengaturan, yang ikon yang dapat diklik terletak di layar beranda
  2. pilih App> App> opsi WhatsApp dari layar berikutnya, yang akan membawa Anda ke tab aplikasi WhatsApp dengan semua informasi tentang izin dan penggunaan memori.
  3. Sebelum menutup aplikasi secara paksa, klik Memori dan tekan tombol Hapus Cache untuk menghapus aplikasi dari data yang rusak yang dapat menyebabkannya tidak berfungsi.
  4. Sekarang, kembali ke layar sebelumnya, tekan tombol Selesai dua kali berturut-turut dan Anda selesai. Sekarang Anda dapat membuka kembali WhatsApp secara normal, menggunakan ikonnya di layar beranda.

2. Restart Smartphone Anda

Restart Smartphone

Jika aplikasi WhatsApp masih tidak berfungsi dengan baik, masalahnya mungkin dengan beberapa fitur Android, seperti kesalahan perangkat lunak dalam modul jaringan atau beberapa layanan sistem operasi lainnya.

Dalam kasus ini, solusi termudah adalah dengan mengatur ulang Smartphone Anda (atau tablet), mis. Hidupkan ulang. Operasi ini dimungkinkan dengan menahan tombol power sisi dan memilih opsi Restart khusus pada layar.

Jika opsi ini tidak tersedia, tekan dan tahan tombol daya mati dan pilih opsi Daya mati, yang ditampilkan di layar.

Segera setelah ponsel cerdas Anda mati, tekan dan tahan lagi tombol daya samping untuk menghidupkan perangkat Anda.

Anda sekarang dapat meluncurkan WhatsApp lagi dengan menggunakan ikon WhatsApp di layar beranda.

3. Menginstal ulang WhatsApp

Jika saran yang saya berikan di bagian sebelumnya tidak membantu Anda memulai ulang WhatsApp, karena masih ada beberapa keganjilan dalam operasinya, maka solusi terbaik mungkin adalah menginstal ulang aplikasi.

Saya ingin memperingatkan Anda bahwa dengan prosedur ini Anda dapat kehilangan percakapan, gambar, atau video WhatsApp Anda yang dikirim dan diterima. Untuk menghindari hal ini, Anda harus terlebih dahulu membuat cadangan terlebih dahulu, yang kemudian akan Anda pulihkan setelah menginstal ulang aplikasi WhatsApp.

Setelah mencadangkan, hapus instalan aplikasi dengan menekan dan menahan jari Anda pada ikon layar beranda, pilih opsi Copot pemasangan di panel yang ditampilkan dan kemudian tekan OK. Namun, pada beberapa ponsel cerdas Android, Anda perlu menyeret ikon aplikasi ke tab Copot pemasangan di bagian atas layar.

Sekarang, instal ulang aplikasi dari Android Play Store menggunakan tautan ini, dengan menekan tombol Instal. Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang menginstal ulang WhatsApp, saya sarankan Anda membaca panduan ini.

Cara Restart/memulai ulang WhatsApp di iPhone

Jika Anda memiliki iPhone dan Anda ingin memulai kembali aplikasi WhatsApp, mungkin karena Anda perhatikan itu tidak berfungsi, yang perlu Anda lakukan adalah membaca bagian-bagian berikut dengan seksama, karena saya akan memberikan beberapa tips yang pasti akan berguna bagi Anda.

1. Jalankan penutupan paksa pada Aplikasi iPhone

Untuk memulai kembali aplikasi WhatsApp, Anda dapat mencoba menutup paksa dengan menggunakan layar aplikasi multitasking iOS.

Untuk mengakses panel ini, jika Anda menggunakan iPhone X atau yang lebih baru, buka Layar beranda ponsel Anda dan geser dari bawah ke atas di tepi bawah layar, lalu arahkan perlahan di tengah.

Pada model iPhone sebelumnya, tekan tombol Rumah dua kali.

Setelah itu, gulir melalui aplikasi dengan gesekan samping hingga Anda menemukan pratinjau WhatsApp. Sekarang, geser ke atas pratinjau untuk menutupnya dengan paksa.

2. Restart/Mulai ulang iPhone Anda

Jika Anda belum menyelesaikan masalah menggunakan prosedur yang dijelaskan di bagian sebelumnya, saya sarankan Anda memulai ulang iPhone Anda.

Jika Anda memiliki iPhone X atau model yang lebih baru, tekan dan tahan tombol samping dan salah satu tombol volume secara bersamaan.

Ini akan menunjukkan layar untuk mematikan perangkat Anda. Kemudian geser label power-off.

Pada model iPhone lama, tekan dan tahan tombol Siaga samping sampai Anda melihat tampilan untuk mematikan perangkat.

Juga dalam hal ini, untuk menyelesaikan operasi, geser ke samping pada label Gulir untuk mematikan.

Sekarang, untuk menghidupkan kembali iPhone Anda, tekan dan tahan tombol samping hingga Anda melihat logo Apple di tengah layar. Pada layar Beranda, ketuk ikon WhatsApp untuk memulai kembali aplikasi.

3. Menginstal ulang WhatsApp

Namun, terlepas dari apa yang telah saya katakan di bagian sebelumnya, jika Anda belum berhasil menyelesaikan masalah WhatsApp dengan memulai ulang aplikasi atau perangkat, solusi terbaik adalah menghapus instalasi aplikasi dan menginstalnya kembali.

Untuk melakukan ini, ikuti langkah-langkah ini:

  1. Hal pertama yang saya sarankan Anda lakukan adalah membuat cadangan percakapan Anda sehingga Anda dapat yakin tidak akan kehilangan data apa pun.
  2. Sekarang hapus instalan aplikasi melalui panel Pengaturan iOS.
  3. Mulai yang terakhir dengan menggunakan ikon roda gigi di layar beranda dan pilih Umum> Ruang Bebas iPhone> WhatsApp.
  4. Setelah ini selesai, pilih opsi Hapus aplikasi dua kali berturut-turut pada layar yang muncul, sehingga Anda dapat menghapus semua data aplikasi.

o instal ulang aplikasi, buka App Store melalui tautan ini, tekan tombol cloud dan buka kunci unduhan dan instalasi dengan ID Wajah Anda, ID Sentuh atau kata sandi akun iCloud.

Setelah itu, luncurkan aplikasi WhatsApp melalui ikon layar beranda untuk menggunakannya lagi.

Jika Anda memiliki pertanyaan tentang salah satu langkah dalam proses yang saya jelaskan di atas, silakan baca panduan tentang cara menginstal ulang WhatsApp.

Cara Restart/memulai ulang WhatsApp di PC Anda

Jika Anda mengalami masalah dengan klien desktop WhatsApp untuk Windows dan macOS, yang telah saya sebutkan dalam panduan saya ini, Anda dapat melanjutkan dengan penutupan paksa operasi melalui panel yang sesuai yang tersedia di sistem operasi ini.

Di Windows, buka Task Manager, menggunakan kombinasi tombol Ctrl + Shift + Esc.

Pada layar yang muncul, cari proses WhatsApp dan klik kanan padanya.

Di panel yang muncul, pilih Stop Task option untuk memaksanya menutup.

Di macOS, coba tutup aplikasi secara normal dengan menekan kombinasi cmd + q pada keyboard Anda dan kemudian restart. Jika ini tidak berhasil, Anda dapat menggunakan panel Force Application Closure, yang ditampilkan ketika Anda menekan kombinasi tombol cmd + alt + esc.

Sekarang, yang harus Anda lakukan adalah memilih WhatsApp dari daftar program yang sedang berjalan dan tekan opsi Force Close untuk menutup prosesnya.

Saya harap artikel ini bermanfaat bagi Anda, jika Anda masih memiliki pertanyaan atau keraguan, jangan ragu untuk meninggalkan komentar di bawah ini dan saya akan menjawab sesegera mungkin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *